Jumat, 20 Februari 2015

Bujukin Ops Ud

BUJUKIN OPS UD

1. Karakteristik kekuatan udara pada dasarnya dipengaruhi oleh perkembangan teknologi kedirgantaraan dan dapat dipilah menjadi karakteristik yang merupakan keunggulan dan keterbatasan.

Karakteristik kekuatan udara yang memiliki keterbatasan yaitu :
Ketergantungan pada pangkalan udara

2. Kekuatan Udara memiliki kemampuan  yang terbatas bila dibandingkan dengan wahana lain, baik untuk membawa persenjataan, personel maupun barang sehingga penggunaannya harus berdasarkan suatu perencanaan dengan sasaran yang telah diperhitungkan. Berdasarkan keterbatasan pada karakteristik kekuatan udara dikenal dengan istilah :
Daya angkut

3. Dalam suatu operasi militer, kemampuan TNI AU harus didayagunakan agar terwujud tingkat kemampuan yang tangguh untuk menghadapi setiap bentuk ancaman. Kemampuan TNI AU tsb adl :

a.  Kemampuan Intelijen
c. Kemampuan keamanan
b. Kemampuan Pertahanan

4. Penggunaan kekuatan udara berpedoman kepada asas perang udara agar dapat dilaksanakan secara tepat, baik dalam perencanaan, pelaksanaan maupun dalam pengendalian kegiatan operasi udara sehingga dapat menambah peluang keberhasilan. Asas Operasi udara tsb adl :
a. Asas Tujuan
c. Asas Kesatuan komando
b. Asas Pemusatan serangan

5. Operasi udara yang termasuk dalam OMSP meliputi Operasi Pertahanan udara, Operasi Dukungan udara dan Operasi Informasi dalam rangka :
a.    Mengatasi pemberontakan bersenjata
b. Mendukung mengamankan Presiden dan Wakil Presiden RI beserta keluarganya.
c. Membantu Pencarian dan Pertolongan dalam kecelakaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar